Tips dan Trik Menggunakan Kamera iPhone 11 dan iPhone 11 Pro Max

Tips Dan Trik Menggunakan Kamera IPhone 11 Dan IPhone 11 Pro Max
IPhone 11 Pro Max. (Kredit gambar: Tom's Guide)

Selain inovasi dalam modul kamera iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, model iPhone Apple saat ini juga membawa fitur kamera baru. Berikut ini cara mengambil foto yang lebih baik dengan iPhone menggunakan Deep Fusion dan Night Mode, plus tips dan trik lainnya seperti dirangkum dari Androidpit.

Cara mengaktifkan dan menggunakan Deep Fusion

Dengan Deep Fusion, Apple iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, dikombinasikan dengan iOS 13.2 dan lebih tinggi, memiliki teknologi kamera yang memberikan gambar yang lebih rinci dalam kondisi pencahayaan biasa-biasa saja.

Di balik istilah pemasaran, Deep Fusion, terdapat fotografi komputasi di balik istilah teknis ini, dalam hal ini, ada algoritma dan program canggih yang melihat beberapa bidikan, menganalisis subjek dan struktur masing-masing dan menggabungkan semuanya kembali menjadi satu foto.

Gambar yang dihasilkan beresolusi lebih tinggi dan menunjukkan lebih banyak detail daripada foto yang diambil tanpa Deep Fusion.

Regular photo mode vs. night mode vs. deep fusion. / © AndroidPIT

Deep Fusion bukan mode khusus yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Fitur ini aktif secara otomatis.

Terlepas dari foto yang lebih rinci dan tajam, pengguna tidak dpat melihat bahwa Deep Fusion aktif atau tidak, dan itulah yang diinginkan Apple. Tidak ada ikon kecil dan tidak ada informasi EXIF ​​untuk menunjukkan bahwa ini adalah foto Deep Fusion.

Ini tangkapan layar dari Metapho menunjukkan tiga fototipe. / © AndroidPIT

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai Deep Fusion:

  • Deep Fusion hanya bekerja dengan kamera wide-angle dan telefoto, bukan dengan kamera ultra-wide-angle.
  • Dalam pengaturan iOS di bawah Kamera, pengguna harus menonaktifkan pengaturan komposisi Pengambilan Foto Tanpa Bingkai untuk memanfaatkan Deep Fusion. Kedua fungsi ini sayangnya saling eksklusif, jadi harus memilih salah satu.
  • Saat ini, hanya ada satu metode untuk mengidentifikasi foto Deep Fusion. Aplikasi Metapho mengintegrasikan fungsi tersebut dan juga menandai foto Deep Fusion sebagai “Deeply Fused” dalam tampilan metadata yang sesuai.
TERKAIT:
Resmi Meluncur, Berikut Harga dan Spesifikasi Lengkap Huawei P40, P40 Pro dan P40 Pro Plus

Pengambilan Out of Frame memberi Anda lebih banyak fleksibilitas

Pada poin sebelumnya sudah menyebutkan fungsi ini. Yang disebut ‘tangkap di luar bingkai’ adalah fungsi dalam pengaturan aplikasi kamera iOS. Jika diaktifkan, kamera secara otomatis mengambil foto dan/atau video tambahan secara paralel dengan kamera sudut lebar berikutnya.

Memotret di luar bingkai untuk foto dan video. / © AndroidPIT

Ini memiliki keuntungan bahwa pengguna dapat mengubah bagian gambar nanti. Ini berarti tidak hanya dapat memperbesar tetapi juga memperkecil dari bagian gambar asli.

Night Mode

Mirip dengan Deep Fusion, Night Mode bukanlah mode kamera independen, tetapi fungsi yang secara otomatis diaktifkan atau ditawarkan segera setelah kondisi pencahayaan kurang.

Night Mode yang aktif atau tersedia dapat dikenali oleh ikon bulat kecil di sudut kiri atas aplikasi kamera. Jika ikon ini berwarna kuning, mode aktif, jika ikon putih, mode malam tersedia tetapi tidak otomatis aktif.

Anda tahu mode malam diaktifkan oleh ikon sabit bertitik dan kemudian dapat mengubah waktu perekaman. / © AndroidPIT

Ini tergantung pada kondisi pencahayaan dan faktor-faktor lain, seperti seberapa stabil kalian memegang iPhone atau apakah menggunakan tripod.

Night mode secara otomatis memilih waktu pencahayaan yang ideal, yang ditampilkan dalam hitungan detik.

Waktu pencahayaan juga dapat ditingkatkan atau dikurangi secara manual, dan nught mode dapat dinonaktifkan sementara untuk masing-masing gambar.

TERKAIT:
Cara Mengubah Status Bar Semua HP Android Tanpa Root

Selalu menarik waktu pencahayaan secara manual hingga maksimal tidak selalu menghasilkan hasil yang lebih baik. Kalian harus mengingat hal ini.

Beralih dengan cepat di antara mode video dengan mengetuk

Dari iOS 13.2, kini pengguna dapat beralih di antara berbagai mode video, resolusi dan frame rate, secara langsung dan cepat di aplikasi kamera standar. Cukup mengetuk tampilan mode.

Sebelumnya, pengguna selalu harus beralih ke pengaturan iOS untuk memilih mode pengambilan video yang diinginkan.

Di sini mode video saat ini ditampilkan di sudut kanan bawah tangkapan layar (4K. 30). / © AndroidPIT

Namun, pengguna yang sering membutuhkan atau ingin beralih di antara mode yang berbeda biasanya akan menggunakan aplikasi kamera yang lebih profesional dari vendor pihak ketiga, karena aplikasi kamera standar iOS sengaja dipangkas untuk menyediakan otomatisasi penuh.

Namun demikian, pembaruan kecil ini sangat ditunggu-tunggu dan bermanfaat.

Untuk beralih di antara berbagai resolusi dan frame rate, cukup ketuk tampilan di tepi kanan bawah atau atas dalam mode video dari aplikasi kamera (lihat tangkapan layar di atas).

Mode potret untuk semuanya

Awalnya, apa yang disebut mode potret hanya dimungkinkan dengan kamera telefoto. Tetapi dengan iPhone 11 dan iPhone 11 Pro pengguna juga dapat menggunakan kamera wide-angle untuk pemotretan potret dengan kedalaman.

Mode potret tidak hanya dapat diterapkan ke wajah. / © AndroidPIT

Pengguna juga dapat menerapkan efek depth-of-field tidak hanya untuk wajah, tetapi juga untuk hewan dan benda.

Ini juga dapat mengatur titik fokus secara manual hanya dengan mengetuk. Tetapi terkadang kalian akan mendapatkan hasil yang lebih baik ketimbang menggunakan pengenalan objek otomatis.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Seperti yang telah disebutkan, aplikasi kamera standar iOS dirancang untuk operasi yang sepenuhnya otomatis. Satu-satunya pengaturan yang dapat dibuat langsung di aplikasi adalah pengaturan manual titik fokus dan pencahayaan.

Aplikasi ini harus semudah mungkin digunakan untuk komunitas pengguna luas, sesuai dengan moto: “Point and Shoot”.

Mereka yang lebih menyukai fungsi-fungsi khusus, serta pengaturan manual, memiliki akses ke berbagai aplikasi kamera pihak ketiga, yang juga Apple promosikan di App Store, di toko ritelnya, dan di acara-acara.

Pengembang memiliki akses langsung ke sistem kamera dan karenanya dapat membuat aplikasi komprehensif yang lebih dari sekadar aplikasi kamera standar dalam kemasan berbeda.

Contohnya termasuk aplikasi video FiLMiC Pro, yang disumbangkan Apple waktu panggung yang berharga di acara iPhone terakhirnya, dan aplikasi foto Specter, yang oleh Apple dinamai aplikasi iPhone tahun 2019 hanya beberapa minggu yang lalu.

Berikut adalah beberapa aplikasi kamera yang direkomendasikan, dan masih dapat ditemukan di iPhone 11 Pro Max:

ProCam

ProCam adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk fotografi manual, fotografi malam dan long time exposure.

Halide

Halide adalah aplikasi kamera pemenang penghargaan yang menawarkan perpaduan yang seimbang antara fungsi kamera manual dan otomatis.

Ini dioptimalkan untuk fotografi RAW dan menawarkan fitur lain untuk memberikan kualitas foto maksimum dalam setiap situasi.

Spectre

Spectre dibuat oleh pengembang yang sama dengan Halide dan dirancang untuk long exposure, tidak hanya untuk pemotretan malam hari tetapi juga untuk foto siang hari.

Lightroom

Aplikasi Lightroom Adobe adalah yang pertama dan terutama merupakan perangkat lunak pengeditan foto yang kuat, tetapi juga menawarkan fitur kamera yang sangat menarik untuk foto HDR.

NightCap

Seperti namanya, NightCap mengkhususkan diri dalam fotografi malam hari dan merupakan salah satu pilihan terbaik untuk pemotretan dalam kondisi pencahayaan kritis. Fotografi RAW dan astrofotografi dimungkinkan.

SkyFlow

Meskipun aplikasi kamera standar juga menawarkan fungsi time-lapse, SkyFlow menawarkan lebih banyak opsi pengaturan dan pengaturan kamera manual.

Selain itu, editor terintegrasi untuk mengonversi dan mengedit rekaman time-lapse menjadi video.

ProMovie

Alternatif yang disarankan untuk FiLMiC Pro untuk produser video yang antusias adalah ProMovie. Pengaturan kamera manual termasuk fokus manual dan format file berkualitas tinggi untuk kualitas video tertinggi.

FiLMiC Pro

FiLMiC Pro adalah aplikasi kamera video pilihan untuk banyak pengguna Pro. Seluruh film dan video musik telah direkam dengan aplikasi ini, termasuk lagu terbaru Lady Gaga, Stupid Love.

FiLMiC DoubleTake

DoubleTake adalah aplikasi multi-cam yang memungkinkan pengguna merekam dua video Full HD dengan dua kamera secara bersamaan pada model iPhone saat ini (iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max).

Gunakan Casing Baterai Apple

Last but not least, ini disarankan untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Berbeda dengan Smart Battery Case untuk model lama, yang tebaru memiliki tombol kamera khusus. Ini tidak hanya memungkinkan aplikasi kamera iOS standar dimulai ketika iPhone dalam mode tidur, tetapi tombol juga berfungsi sebagai pemicu.

Selain itu, Smart Battery Case Apple memperpanjang masa pakai baterai model iPhone saat ini hingga 50 persen, yang cukup berguna untuk kunjungan atau perjalanan liburan.

Tak ketinggalan kasing juga berfungsi sebagai pelindung dan karenanya menggabungkan tiga fungsi.

avatar