[Tips] Cara Mudah Memilih VPN yang Aman dan Manfaat yang Didapatkan

Manfaat VPN dan Cara Memilih yang Bagus

Manfaat virtual private networks, atau VPN, adalah membuat pengguna lebih aman di wi-fi publik dan membantu pengguna mengakses konten yang biasanya tidak tersedia di wilayah mereka.

Ada banyak opsi VPN untuk dipilih, yang bisa jadi membuat kalian bingung untuk memutuskan mana yang terbaik untuk kalian.

Di sini tidak akan menyebut penyedia VPN tertentu; artikel ini hanya memberi kalian arahan yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan sendiri.

Ada beberapa faktor untuk memilih layanan VPN yang tepat, yang paling penting, fitur khusus agar kalian tetap terlindungi di web.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus kalian pertimbangkan sebelum memilih VPN.

Bagaimana cara penyedia VPN menghasilkan uang?

VPN gratis tidak secara inheren buruk — pada kenyataannya, sedikit yang terbaik adalah gratis — tetapi seperti halnya layanan apa pun, berhati-hatilah untuk mendaftar VPN yang tidak memiliki cara jelas menghasilkan uang.

Jika pengguna tidak membayar untuk langganan VPN di muka, VPN itu mungkin didanai dengan menjual data tentang statistik atau perilaku pengguna. Juga pertimbangkan jenis pembayaran yang akan dilakukan VPN.

TERKAIT:
[Panduan] Cara Unlock Bootloader Nokia 7.2 dan Nokia 6.2

Dikutip dari Tempo.co, Kamis (23/05/2019), pengamat digital, Lucky Sebastian mengatakan, meski website yang pengguna tuju tidak bisa “melihat” koneksi pengguna dari mana saat menggunakan VPN, misal pengguna di Indonesia, akan terbaca dari Singapura atau Amerika, tetapi penyedia layanan VPN bisa melihat pengguna berasal dari mana.

“Kemudian apa saja yang kita lakukan saat terkoneksi dengan VPN, website jenis apa yang sering kita kunjungi, kebiasaan-kebiasaan apa di internet yang kita lakukan, dan lain-lain, ini adalah data berharga untuk mereka. Data ini bisa diolah sedemikian rupa, dan mungkin dijual ke berbagai perusahaan yang membutuhkan,” ujar Lucky.

Jadi, cara memilih layanan VPN terjamin yang paling mudah, yaitu dengan memilih VPN yang berbayar.

Siapa yang menjalankannya?

Mendaftar VPN tidak secara instan menganonimkan aktivitas online kalian. Ketika datang ke keamanan dan privasi online, kalian secara efektif menaruh kepercayaan pada VPN daripada penyedia internet.

TERKAIT:
Cara Menggunakan Fitur Cross Save The Witcher 3: Wild Hunt

Jadi pastikan bahwa perusahaan di balik layanan ini adalah salah satu yang aman dan membuat kalian merasa nyaman untuk berurusan dengannya.

Jika bisa, cari penyedia VPN yang dikenal dan dengan kantor yang berlokasi secara fisik di dekat kalian, dan yang memiliki catatan bekerja di bidang keamanan digital lainnya.

Apa kebijakan datanya?

Menemukan perusahaan yang kalian percayai berjalan seiring dengan menemukan kebijakan data yang kalian percayai juga.

Menggunakan VPN tidak akan melindungi privasi online kalian jika VPN itu sibuk mencatat semua yang kalian lakukan dan menyerahkan catatan kepada pemerintah, jadi lakukan penggalian informasi terlebih dahulu.

Penyedia VPN yang ideal mempromosikan kebijakan nol log dan mengenkripsi data yang dikirimkan menggunakan protokol open-source yang terkenal.

Jika kalian memasang aplikasi seluler atau desktop, cari izin yang diminta, dan pertimbangkan seberapa masuk akal permintaan itu.

Berapa banyak server yang dimilikinya?

Kalian mungkin menginginkan banyak opsi ketika menghubungkan ke server di seluruh dunia, sehingga semakin banyak VPN tersedia, semakin baik untuk kalian.

Ada banyak sekali opsi yang tersedia, jadi berhati-hatilah memilih VPN dengan pilihan server yang lebih sedikit.

Ingatlah bahwa di mana sebuah VPN berbasis dan di mana ia beroperasi akan memengaruhi undang-undang yang harus dipatuhi dan kebijakan pengumpulan data yang mungkin terikat.

Ini adalah pengantar yang bagus untuk berbagi data pengawasan yang terjadi di antara negara-negara, dan itu hal lain yang perlu diingat ketika memilih VPN.

Seberapa cepat server?

Pada tingkat yang sepenuhnya praktis, kalian tidak ingin VPN memperlambat perambanan web dan streaming video kalian, tetapi ini bisa sangat bervariasi di antara penyedia.

Periksa apa yang diklaim VPN dalam hal kecepatan, dan lihat bagaimana mereka mendukungnya, jika ya (hasil tes pihak ketiga yang independen dapat membantu di sini).

Kalian bahkan dapat menguji sendiri sampai batas tertentu, dengan mayoritas VPN di pasar menawarkan uji coba gratis untuk kalian manfaatkan.

Setidaknya kalian harus mendaftar hanya satu bulan untuk melihat apakah VPN tertentu dan kecepatan servernya akan tepat untuk kalian dalam jangka panjang.

Apa kata penggunanya?

Pertimbangan penting lainnya dalam memilih VPN — seberapa mudah digunakan, seberapa transparan berbagai opsi, dan sebagainya — dapat dinilai sampai batas tertentu dari tinjauan pengguna.

Coba dan temukan referensi atau ulasan untuk masalah (masalah bandwidth, bug, menggunakan berbagai aplikasi).

Tentu saja, tidak sulit untuk memalsukan testimonial pengguna, jadi carilah VPN dengan ulasan yang ditautkan dengan profil online nyata, atau dengan dukungan dari pakar keamanan yang diakui.

Waspadai halaman pertama atau kedua hasil pencarian untuk VPN, karena banyak konten yang disponsori.

Fitur spesifik apa yang disertakan?

Ini adalah sesuatu yang mungkin harus kalian pikirkan setelah menggunakan VPN untuk sementara waktu, tetapi beberapa fitur yang berguna termasuk bisa membuat koneksi bersamaan dan kehadiran saklar untuk mematikan, sehingga kalian tidak hanya kembali ke koneksi standar ketika VPN tidak tersedia.

Saat kalian menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi VPN, kalian akan menjadi terbiasa dengan fitur tambahan setiap paket layanan, baik itu jumlah perangkat yang didukung atau jumlah alamat IP yang kalian dapatkan.

Cari tahu bagaimana kalian ingin menggunakan VPN dan kemudian memutuskan layanan mana yang memiliki semua yang kalian butuhkan — untuk harga yang ingin kalian bayar.

avatar