[Panduan] Cara Mengaktifkan Internal Audio Perekam Layar Android 11 di Android 10

Cara Mengaktifkan Internal Audio Perekam Layar Android 10

Terakhir diperbarui 20 Maret, 2020, 03:10 am

Dengan Android Q, pengguna dapat memanfaatkan perekam layar bawaan Android. Fitur ini akan memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna untuk merekam layar dan membagikannya.

Tidak ada pengaturan khusus atau opsi yang membingungkan, menjadikannya alat yang sangat mudah untuk digunakan.

Secara default, fitur baru ini disembunyikan. Tetapi dengan beberapa langkah, kalian bisa memanfaatkan fitur ini dan tidak perlu mengunduh lagi aplikasi perekaman layar pihak ketiga.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan internal audio perekam layar di Android 10.

Aktifkan Opsi Developer

Secara default, perekam layar dinonaktifkan, jadi kalian harus mengaktifkannya secara manual. Namun, sebelum itu, kalian harus terlebih dahulu mengaktifkan Opsi developer.

Buka Pengaturan, pilih Tentang ponsel, lalu ketuk Build number di bagian bawah 7 kali berturut-turut. Kalian akan diminta memasukkan PIN, sandi atau pola. Setelah melakukannya, akan ada notifikasi mengatakan “Anda sekarang adalah pengembang!”.

Sekarang, kembali ke pengaturan Sistem, pilih Lanjutan untuk membuka lebih banyak pilihan, dan sekarang kalian akan melihat Opsi developer.

Cara Mengaktifkan Opsi Developer Android

Metode 1: Aktifkan Perekam Layar Internal Audio Dengan Feature Flags

Di dalam menu Opsi developer, pilih Feature flags di bagian Debugging. Selanjutnya, cari settings_screenrecord_long_press dan nyalakan.

TERKAIT:
Dragon Ball Z: Kakarot - Cara Cepat Mengumpulkan XP & Mencapai Level 250

Metode 2: Aktifkan Perekam Layar Internal Audio Dengan ADB Shell

Saat ini Feature flagssettings_screenrecord_long_press” telah dihapus dalam pembaruan beta berikutnya dan tidak pernah datang di pembaruan Android 10 yang stabil.

Namun, ada trik untuk mengembalikannya. Berikut cara mengaktifkan perekam layar bawaan Android 10 atau 11 di Google Pixel.

Catatan: Beberapa pengguna telah melaporkan beberapa masalah dengan fungsi ini termasuk rekaman hanya menangkap setengah layar. Sangat penting untuk mengingat bug seperti ini dimungkinkan karena fitur belum secara resmi dirilis.

Cara untuk Mengaktifkan Perekam Layar Asli Android 11 di Android 10

Satu-satunya persyaratan untuk mengaktifkan perekaman layar asli Android 11 adalah bahwa ponsel kalian harus menjalankan pembaruan keamanan Januari 2020 berbasis Android 10 atau yang lebih baru.

Pertama, sambungkan perangkat Android 10 ke PC menggunakan kabel USB.

TERKAIT:
Tantangan Skin Deadpool Fortnite Telah Tiba, Temukan Lokasi Chimichanga

Pastikan bahwa USB debugging diaktifkan pada perangkat.

Pada PC Windows, buka folder tempat ADB diinstal (mis. c:\adb). Kemudian sambil menahan tombol SHIFT, klik kanan pada ruang kosong di dalam folder dan pilih opsi “Open PowerShell window here“.

Jika kalian menggunakan macOS/Linux, luncurkan Terminal dan ubah direktori ke folder tempat ADB dipasang (mis. /Documents/adb):

cd Documents/adb 

Sekarang, masukkan perintah berikut untuk memastikan bahwa perangkat Anda terdeteksi dengan benar oleh PC melalui ADB:

Windows:

.\adb devices

macOS/Linux:

./adb devices

Perintah harus mengembalikan ID perangkat.

Terakhir, masukkan perintah ADB berikut untuk mengaktifkan fitur perekaman layar asli Android 11 di Android 10:

Windows:

.\adb shell settings put global settings_screenrecord_long_press true

macOS/Linux:

./adb shell settings put global settings_screenrecord_long_press true

Perintah ADB shell yang disebutkan di atas pada dasarnya menyalakan bendera tersembunyi di pengaturan perangkat. Bendera yang sama yang ditemukan di Android Q beta awal.

Setelah diaktifkan, fitur ini akan tetap hidup meskipun melalui reboot, kecuali jika kalian mengatur ulang perangkat atau mem-flash firmware di dalamnya.

TERKAIT:
Bagaimana Cara Menghapus URL Website dari Google Index?

Cara Merekam Layar di Android 10

Setelah diaktifkan, kalian sekarang bisa menggunakan perekam layar bawaan yang baru.

Opsi ini telah disembunyikan tepat di Menu Daya perangkat kalian.

Jadi, cukup tekan lama tombol daya hingga Menu Daya muncul di layar. Kalian akan melihat opsi Power, Reboot, Screenshot, dan Emergency. Cukup tekan lama pada tombol “Screenshot” hingga jendela baru muncul.

Pada pop-up yang muncul ada dua pilihan yang ditawarkan, (1) Untuk merekam suara menggunakan mikrofon perangkat, dan (2) menunjukkan sentuhan saat merekam layar.

Setelah mencentang salah satu atau keduanya. Pilih Mulai Merekam. Akan muncul pemberitahuan UI Sistem, klik Mulai sekarang.

Pemberitahuan akan muncul berjudul Perekaman Layar dengan pilihan Stop, Jeda, dan Batal

Masing-masing sesuai dengan namanya, yang memungkinkan kalian untuk menghentikan rekaman, menjeda, atau mengakhirinya tanpa menyimpannya. 

Pemberitahuan perekam layar dapat diakses kapan saja dengan menarik bilah notifikasi ke bawah.

Setelah menekan Stop, video akan disimpan ke galeri default di folder Movies. Kualitas bervariasi dari masing-masing perangkat.

guest
0 Komentar
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar