Mode Ultra Low Power Menjadi Solusi Penghemat Baterai Google Pixel

Mode Ultra Low Power Menjadi Solusi Penghemat Baterai Google Pixel
Gambar: Techradar

Smartphone semakin lama semakin bertenaga tetapi baterainya nyaris tidak bisa mengimbangi. Google Pixel 4 dikritik karena masa pakai baterai yang rendah, karena ukuran baterai 2,800mAh yang lebih kecil dari Pixel 3.

Google mungkin mengklaim bahwa versi murni Android tidak dibebani oleh aplikasi yang menghabiskan baterai. Tetapi fakta bahwa itu tidak berlangsung sehari penuh.

Mengatasi hal tersebut, sepertinya Google sedang mengerjakan solusi semacamnya, dalam bentuk mode daya Ultra Low atau sangat rendah.

Seperti yang ditunjukkan dalam perubahan kode sumber AOSP yang terlihat oleh XDA EIC Mishaal Rahman.

Perubahan kode mencakup uraian singkat tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh mode Ultra Low.

Mode ini menunjukkan mode Ultra Low Power ingin diaktifkan atau tidak. Ini dimaksudkan untuk menghemat baterai dengan mengorbankan pengalaman pengguna.

Mode Ultra Low Power ini sedikit mirip dengan mode darurat Samsung. Samsung menawarkan “mode darurat” yang menempatkan layar pengguna dalam skala abu-abu, menonaktifkan Wi-Fi & Bluetooth, akses aplikasi terbatas ke utilitas dasar (dialer, SMS , dll), dan menonaktifkan aplikasi “tidak penting”, yang menjamin penggunanya memiliki masa pakai baterai lebih lama.

Ini adalah fitur yang dimiliki sebagian besar ponsel Android lainnya selama bertahun-tahun, tetapi masih bagus untuk melihat Google mengejar ketinggalan.

Berharap ini bukan satu-satunya cara Google menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik pada telepon Pixel mereka di masa depan. Salah satu cara pasti untuk menawarkan daya pemakaian lebih lama adalah dengan hanya menambah ukuran baterai.

avatar