Google Luncurkan Android 11 Developer Preview Dengan Sejumlah Fitur Menarik

Android 11 Developer Preview

Terakhir diperbarui 21 Maret, 2020, 03:26 am

Google meluncurkan Android 11 Developer Preview sedikit lebih awal, 19 Februari 2020. Biasanya Google akan mengumumkan preview versi terbaru pada bulan Maret, sekitar minggu kedua.

Android 11 Develepor Preview pertama tidak dianjurkan didownload untuk pengguna harian. Ini hanya ditujukan bagi para pengembang aplikasi untuk meninjau dan menguji coba softwarenya di dalam sistem operasi ini.

Versi preview hanya untuk Pixel 2, 3, 3A, atau Pixel 4, dan hanya dapat diinstal dengan flash penuh yang akan menghapus semua data kalian.

Youtube: The Verge

Fitur Android 11 baru yang paling menarik

Dilansir dari The Verge, (21/2/2020), berikut fitur-fitur menarik yang ada di Android 11 Developer Preview pertama:

Bubbles Chat – Mengingatkan kepala obrolan Facebook, fitur “gelembung” pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari Android 10 tahun lalu. Ini adalah UI baru untuk aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna membuat beberapa percakapan mudah diakses di mana saja melalui gelembung mengambang. Saat ini, tampaknya hanya aplikasi pesan Google sendiri yang memiliki dukungan ini, tetapi idenya adalah aplikasi apa pun dapat memanfaatkan fitur ini.

Percakapan – Untuk mengikuti gelembung ada bagian percakapan baru dari naungan pemberitahuan yang membagi pesan baru ke daerah mereka sendiri di depan semua email, like Instagram, dan pembaruan aplikasi. Idenya adalah untuk membuat bagian komunikasi ponsel lebih mudah diakses.

Sistem privasi dan izin aplikasi yang lebih baik – Seperti iOS, Android 11 menambahkan opsi untuk hanya memberikan izin sementara aplikasi ke kamera, mikrofon, dan data lokasi pengguna. Ini tambahan sederhana, tetapi yang membuat Android jauh lebih aman.

Screen Recording  Google sudah memiliki versi ini dalam beta Android 10 yang tidak mencapai versi final. Tetapi perekam layar Android 11 datang dengan UI yang mewah.

Perubahan kecil lainnya:

  • Mode gelap otomatis
  • Gerakan Motion Sense baru untuk Pixel 4 untuk memutar atau menjeda musik
  • Pengaturan “peningkatan sensitivitas sentuhan” untuk Pixel 4, dimaksudkan untuk digunakan dengan screen saver
  • Opsi untuk menyematkan aplikasi ke bagian atas lembar berbagi sudah kembali dari Android 10 beta.
  • Menyalakan mode pesawat tidak lagi memutus koneksi audio Bluetooth.
  • Screenshoot bergulir. XDA Developers melaporkan bahwa ada juga UI tangkapan layar baru yang tersembunyi, tetapi tidak diaktifkan secara default (atau belum berfungsi penuh).
TERKAIT:
Cara Membuat Akun Google Ads

Ada juga lebih banyak perubahan, seperti dukungan yang lebih baik untuk tampilan layar lipat, waterfall, dan pinhole displays, integrasi 5G, penyimpanan scoped, peningkatan privasi dan keamanan, dan banyak lagi. 

Beta Android 11 developer preview saat ini adalah versi yang sangat awal, jadi jangan terlalu berharap untuk fitur baru atau desain ulang besar dulu – tunggu hingga Google mengumumkan di acara I/O di bulan Mei mendatang.

UPDATE (21 Maret 2020)

Seperti pada developer preview pertama Android 11, tidak semua penambahan perangkat lunak baru akan berfungsi dengan setiap telepon Pixel.

Terlepas dari beberapa hal yang mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan semua model, ada beberapa fitur baru terbaik yang datang sebagai bagian dari Android 11 Developer Preview 2.

Selain itu, Google telah membuat pembaruan Android 11 preview lebih mudah dengan OTA sekarang. Pengguna juga dapat menggunakan Perangkat Flash Android untuk melakukan sideload pembaruan.

Wajibkan mata terbuka dengan Face Unlock di Pixel 4

Akhirnya, setelah rilis dengan kelemahan keamanan yang mencolok karena face unlock dapat terbuka saat mata pengguna tertutup, di Android 11 Developer Preview 2 telah membawa kemampuan untuk selalu meminta mata penggunanya terbuka sebelum ponsel dibuka.

Tidak jelas mengapa hal ini membutuhkan waktu lama untuk datang.

UI bayangan pemberitahuan baru

Tampilan baru tidak terlalu bagus pada awalnya, dengan ruang yang lebih luas antara setiap bagian pemberitahuan dan banyak bagian yang jelas.

TERKAIT:
Aplikasi Perekam Pixel 4 Bisa Merekam dan Menyalin Audio Secara Bersamaan

Hal itu merentangkan bilah notifikasi cukup jauh ke titik yang terasa lebih berantakan.

Sembunyikan pemberitahuan ‘hening’ di bilah status

Berkat Developer Preview Android 11, pengguna sekarang bisa mendapatkan kontrol lebih lanjut atas pemberitahuan “hening”, karena opsi baru dalam menu Pengaturan memungkinkan pengguna untuk “Sembunyikan pemberitahuan hening dari bilah status.”

Saat diaktifkan, ini menghapus ikon dari bilah status ponsel, merapikan seluruh pengalaman – membuatnya benar-benar hening.

UI Screen Recorder baru

Screen Recorder Android 11 Developer Preview 2 menambahkan UI baru yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan rekaman layar dan memberikan beberapa kontrol yang belum sempurna termasuk kemampuan untuk menampilkan sentuhan di layar, merekam audio mikrofon, dan bahkan menunjukkan hitungan mundur ketika rekaman dimulai.

Yang terbaik dari semuanya, perekaman layar sekarang berfungsi lebih baik dari sebelumnya.

Tandai pemberitahuan sebagai ‘Penting’

Android 11 Developer Preview 2 mengambil fitur dari Gmail yang memungkinkan pengguna menandai pemberitahuan sebagai ‘penting’.

Untuk melakukannya, cukup menekan lama sebuah pesan di bagian Percakapan di dalam naungan pemberitahuan dan ini akan memunculkan UI untuk menandai atau mengubah.

Jika pengguna menandai pemberitahuan sebagai ‘penting’, maka pesan di masa depan dari kontak itu akan muncul di bagian atas naungan pemberitahuan – dan bahkan muncul sebagai ikon profil di bilah pemberitahuan di bagian atas layar untuk keunggulan tambahan.

Pixel bertema tweak

Sepertinya Google bersiap-siap untuk memberikan pengguna lebih banyak opsi dalam tema Pixel atau bagian Gaya & Wallpaper di Android 11.

Pratinjau pengembang kedua telah menambahkan pengaturan penyesuaian jam lockscreen baru – meskipun terbatas hanya pada satu opsi opsi sekarang.

Selain itu, ketika memilih wallpaper di bagian Gaya & Wallpaper, pengguna akan mendapatkan UI yang sama sekali baru. Ini termasuk panel swipe-up dengan kategori wallpaper lainnya dengan thumbnail besar untuk setiap gambar.

TERKAIT:
TouchStadia, Cara Memainkan Game Google Stadia Android Lewat Layar Sentuh

One-time permissions

Android 11 akan terus menyempurnakan izin, menambahkan opsi “Hanya saat ini” yang akan memberikan aplikasi akses sesaat ke hal-hal seperti pelacakan lokasi, mikrofon, dan kamera.

Dalam skenario ini, ketika pengguna berhenti menggunakan aplikasi, izin berakhir.

Ini adalah tingkat granularitas yang sudah dinikmati pengguna iOS. Android 11 tampaknya akan memperluas fitur di Android 10 yang memungkinkan pengguna untuk memberikan data lokasi aplikasi hanya ketika mereka sedang digunakan secara aktif.

Fitur yang sama sepertinya diperluas ke kamera dan mikrofon berdasarkan pratinjau pengembang kedua.

Tanggal rilis Android 11

Google merilis pratinjau pengembang Android 11 pertama pada 19 Februari. Itu cukup awal dalam kaitannya dengan peluncuran Android sebelumnya – tahun lalu, beta pertama untuk Android Q (sebelum dikenal sebagai Android 10) memulai debutnya pada 13 Maret.

Tentu saja, rilis itu adalah beta yang ditujukan untuk audiens yang mencakup pengadopsi awal serta pengembang.

Google telah menekankan bahwa pratinjau pengembang Android 11 ini benar-benar ditujukan untuk pembuat aplikasi untuk tujuan pengujian dan bukan sesuatu yang ingin dipasang oleh konsumen di ponsel mereka setiap hari.

Jadwal rilis Android 11 dijanjikan rilis final pada kuartal ketiga 2020. Itu sejalan dengan pembaruan Android terbaru.

Android 10 tiba pada 3 September tahun lalu, sementara Android 9 Pie mendarat pada 6 Agustus 2018. Tahun sebelumnya Android Oreo memulai debutnya pada 21 Agustus. Kemungkinan Android 11 akan selesai dalam kerangka waktu Agustus-September.

Cara Mendapatkan Program Android 11 beta

Untuk menjalankan pratinjau pengembang Android 11 terbaru, kalian harus memiliki ponsel Pixel 2 atau lebih baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google membuka Android beta ke ponsel lain selain Pixel, tetapi itu tidak akan terjadi sampai beta yang lebih stabil siap.

Dari sana, kalian perlu mengunduh dan mem-flash sistem image ke perangkat Pixel.

Prosesnya sedikit lebih rumit daripada sekadar mengunduh pembaruan over-the-air.

Kalian harus memastikan bahwa pengaturan pengembang dan USB debugging dihidupkan, dan juga harus membuka kunci bootloader ponsel.

guest
0 Komentar
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar