Daftar Fitur Terbaik MIUI 11 dan Perangkat yang Mendapatkan Update

MIUI 11

MIUI 11 adalah rilis besar terbaru untuk smartphone Xiaomi, mungkin bahkan lebih besar dari lompatan versi Android.

Fitur pada perangkat Xiaomi lebih ditentukan oleh versi MIUI mereka daripada versi Android yang mendasarinya, sehingga peningkatan versi MIUI adalah hal yang menyenangkan.

MIUI 11 diumumkan di Cina pada bulan September 2019, membawa fitur-fitur baru seperti animasi AOD dan Horizon Light untuk perangkat yang didukung, font baru, sistem suara dinamis, suite aplikasi Mi Work dan Mi Go, dan lebih banyak perubahan.

Batch pertama MIUI 11 Beta tersedia untuk banyak perangkat, dan selama beberapa minggu ke depan, perangkat seperti Redmi K20 telah mulai menerima pembaruan MIUI 11 yang stabil.

Sekarang, Xiaomi telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa pembaruan MIUI 11 yang stabil diluncurkan ke Xiaomi Redmi Note 7 Pro, Redmi 7, Redmi Note 5 Pro dan Poco F1.

Pembaruan untuk Redmi Note 7 dan Poco F1 diluncurkan ke semua perangkat secara bertahap, sementara Xiaomi harus segera membuat pengumuman untuk Redmi Y3, Redmi 7 dan Redmi Note 5 Pro.

Mari kita lihat beberapa aspek utama dari MIUI 11. Singkatnya, semua yang perlu kalian ketahui tentang pembaruan MIUI 11.

Fitur Terbaik MIUI 11

Tahun ini, Xiaomi berfokus pada dua hal – MIUI 11 berbasis Android 10 yang saat ini dalam tahap pengujian dan MIUI 12, sebagai pembaruan besar berikutnya.

#1 Perubahan Desain UI

Dengan MIUI 11, raksasa teknologi Cina telah menghapus warna berlebihan dan elemen yang tidak diinginkan, menjadikan UI minimalis dan intuitif.

Bagian yang paling mencolok adalah ikonografi warna-warni baru di halaman pengaturan. Selain itu, pembaruan MIUI menggunakan font baru berjudul ‘Milan Pro’ untuk teks, di samping banyak ruang putih di seluruh UI.

TERKAIT:
Xiaomi Mi Note 10, Smartphone Penta Kamera Pertama di Dunia Dengan Kamera Utama 108MP

Gagasan utamanya adalah memberikan pengalaman layar penuh di mana pengaturan dan opsi bersinar pada halaman tertentu.

#2 Mi Share Transfer File

Kembali pada bulan Agustus, Xiaomi bekerjasama dengan Oppo dan Vivo, di bawah “Grup Aliansi Antar Transfer” untuk membuat fitur transfer file super cepat seperti Air Drop.

Fitur yang dikenal sebagai Mi Share ini, memungkinkan pengguna Xiaomi untuk bertukar foto, file, dan dokumen ke perangkat lain seperti Vivo, Realme dan Oppo via satu ketukan.

Xiaomi mengklaim bahwa transfer file akan berfungsi pada Bluetooth dan akan memberikan kecepatan hingga 20 MB/s.

#3 Tampilan Always On Display

Layar kunci sekarang menampilkan lebih banyak informasi, dengan lebih banyak elemen yang dapat disesuaikan dan banyak animasi. 

Pengguna bahkan dapat menentukan pesan yang dipersonalisasi untuk ditampilkan pada layar kunci.

Sayangnya, fitur ini hanya mendukung perangkat Xiaomi dengan tampilan AMOLED yaitu Xiaomi Mi Note 10, Redmi K20, Redmi K20 Pro, Mi 8, Mi 9T, dan Mi Mix 3.

#4 Quick Replies

Xiaomi MIUI 11 menyertakan fitur “Balas Cepat” yang pertama kali diperkenalkan di Android 9 Pie. Ini memungkinkan pengguna untuk membalas melalui layar beranda tanpa perlu membuka aplikasi.

Jadi, jika kalian mengklik pemberitahuan saat menggunakan aplikasi yang berbeda, fitur itu akan memungkinkan kalian untuk membalas pemberitahuan itu tanpa membawa kalian ke aplikasi terpisah.

Balas Cepat membawa jendela apung dari aplikasi perpesanan, yaitu cuplikan aplikasi yang dapat diubah ukurannya begitu Anda mengklik pemberitahuan pesan

Pengguna Xiaomi dapat mempertahankan jendela, mengubah ukuran, atau menutupnya.

TERKAIT:
Mi Band 4 Resmi Masuk Indonesa, Dijual Rp 450.000

#5 Ultra Power Saving Mode

Jika kalian telah memperbarui ke MIUI 11, kalian akan menemukan mode Hemat Daya Ultra berada di bawah Pengaturan Baterai.

Dengan mode ini, semua aplikasi dan fitur kecuali teks dan panggilan akan dimatikan. Mode Ultra menempatkan ponsel kalian pada konsumsi daya minimum dan akan beralih ke Mode Gelap. 

Selain itu, kalian hanya bisa mengizinkan sejumlah aplikasi saat mode hemat daya aktif.

#6 Efek Suara Dinamis

Selain font atau font dinamis, pengguna juga memiliki suara dinamis baru. 

Mereka adalah peringatan dan efek yang dapat didengar untuk notifikasi, alarm dan nada dering yang terinspirasi oleh suara alam yang dapat bervariasi secara otomatis sepanjang hari.

Misalnya, untuk alarm pengguna dapat membiarkan MIUI 11 memilih efek suara berdasarkan cuaca, atau pengguna dapat memilih suara yang berbeda untuk setiap hari dalam seminggu.

MIUI 11 juga dapat secara otomatis mendeteksi apakah panggilan masuk dilakukan oleh layanan bisnis, seperti UBER, dan menyesuaikan nada dering.

#7 Mode Gelap Seluruh Sistem

Berbasis pada Android 10, MIUI 11 menghadirkan dukungan untuk penggunaan mode gelap pada seluruh ponsel. 

Sangat bagus untuk menghemat masa pakai baterai pada layar AMOLED, selain mengurangi kelelahan visual, dan dapat diaktifkan secara otomatis setelah jam tertentu.

Xiaomi telah menambahkan beberapa fungsi dalam mode gelap sebagai opsi aplikasi global mode gelap. Jadi, bahkan aplikasi yang belum mendukungnya, disajikan dalam tema yang lebih gelap untuk memberikan pengalaman yang koheren.

Mode gelap adalah prioritas utama bagi produsen dan pengembang aplikasi. Semakin banyak aplikasi populer yang mendukung mode ini dan di MIUI 11 akan memberikan antarmuka yang sudah sepenuhnya siap untuk Mode Gelap.

TERKAIT:
Xiaomi Mi Mix Alpha, Smartphone yang Hampir Seluruhnya Merupakan Layar

#8 File Manajer Baru

Untuk meningkatkan produktivitas pengguna, Xiaomi telah merombak aplikasi pengelola file dengan memperkenalkan thumbnail file berdasarkan jenis file.

Selain itu,kalian dapat melihat dokumen tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan. 

Xiaomi juga menambahkan fungsionalitas Tugas di bawah aplikasi Agenda dan pengguna dapat mengakses tugas yang dibuat hanya dengan menggesekkan kanan pada layar beranda.

#9 Apa lagi yang baru di MIUI 11 Global ROM

  • Kalkulator Mengambang
  • Casting dokumen, foto, game, dll dengan ScreenCast
  • Pencetakan nirkabel
  • Kocok untuk mengisi sel kosong di layar beranda
  • Wallpaper video

Xiaomi Sudah Mendistribusikan MIUI 11 Global

Versi global MIUI 11 secara resmi mulai didistribusikan pada 22 Oktober 2019. Menurut Xiaomi, distribusi akan berlangsung dalam tiga/empat fase, dengan yang pertama sudah berlangsung hingga 31 Oktober dan mencakup 13 smartphone.

Untuk perangkat apa saja yang sudah mendapatkan update MIUI 11, dapat dilihat pada rolling time table berikut.

MIUI 11 Update Rolling

Xiaomi baru-baru ini juga mengkonfirmasi bahwa Xiaomi Mi A3 akan mendapatkan pembaruan Android 10 pada pertengahan Februari. Sementara itu, Mi A2 telah menerima pembaruan.

Bagaimana Cara Mendapatkan MIUI 11 di Perangkat Xiaomi?

Pengguna dapat menunggu versi stabil MIUI 11 resmi diluncurkan untuk perangkat mereka atau mereka dapat menginstal pembaruan secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh ROM Pemulihan terbaru untuk perangkat kalian ( Tautan 1Tautan 2Tautan 3)
  2. Pindahkan file tersebut ke folder “download_rom” di penyimpanan internal perangkat.
  3. Buka pengaturan perangkat > Tentang ponsel > Pembaruan sistem.
  4. Tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas, pilih “pilih paket pembaruan” dan pilih file ZIP.

Apakah perangkat Xiaomi kalian sudah mendapatkan pembaruan MIUI 11? Beritahu kami di komentar.

guest
1 Komentar
terlama
terbaru voting terbanyak
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar
Topik Hifayat

Aku udh upgrade miui 11 tdinya miui 9 global soalnya hp aku xiaomi note 5