Cara Mengubah Status Bar Semua HP Android Tanpa Root

Terlepas dari fleksibilitas Android dalam hal kustomisasi, opsi yang tersedia di stock Android cukup banyak. Hanya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga pengguna sepenuhnya dapat mengubah bagian UI sesuai keinginan. Dan berkat aplikasi baru,pengguna dapat memodifikasi bagian lain dari OS, seperti bilah status.

Tom Bayley, pengembang dibalik salah satu aplikasi Bottom Quick Settings, telah membuat aplikasi yang berfungsi pada semua ponsel yang menjalankan Android 5.0 atau lebih baru.

Langkah 1: Download Super Status Bar

Tautan Play Store: Super Status Bar (gratis)

Aplikasi untuk kustomisasi ini adalah Super Status Bar, dan tersedia secara gratis di Play Store. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi, kalian dapat meningkatkan ke versi pro dengan biaya satu kali sebesar $ 1,99.

Langkah 2: Aktifkan Perizinan

Ketika kalian pertama kali membuka aplikasi, akan disajikan beberapa halaman pengaturan awal. Setelah itu, tekan “Start” pada menu utama.

TERKAIT:
Preview Google Pixel 4: Semua yang Diketahui Sejauh Ini

Pada halaman baru, kalian akan melihat dua izin dimatikan yang terkait dengan izin yang diperlukan.

Ketuk masing-masing dan kalian akan dibawa ke halaman Pengaturan yang sesuai. Temukan Super Status Bar di halaman ini dan aktifkan izin.

Setelah diberikan izin, kalian akan melihat tombol “Start” telah berubah menjadi “Stop” di halaman utama aplikasi, yang menunjukkan layanan utama aplikasi sedang berjalan.

Langkah 3: Modifikasi Status Bar

Dari layar utama aplikasi, pilih Status Bar. Untuk perubahan yang lebih signifikan, kalian harus meningkatkan ke versi pro, tetapi ada banyak hal yang dapat kalian lakukan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Jika kalian ingin mempertahankan bilah status standar, maka beralihlah ke tab Modify untuk opsi penyesuaian. Di sini, kalian akan melihat daftar semua ikon berbeda yang dapat dinonaktifkan.

TERKAIT:
Tips dan Trik Menggunakan Kamera iPhone 11 dan iPhone 11 Pro Max

Kalian juga dapat mengaktifkan ikon tersembunyi seperti “Kecepatan jaringan” dan memperluas jam juga untuk menampilkan detik. Opsi ini tergantung pada ponsel kalian dan mungkin tidak berfungsi pada semua perangkat.

Beralih kembali ke tab Custom, dengan mengaktifkan Enable custom status bar, kalian dapat melakukan lebih banyak dengan bilah status, yang sebagian besar membutuhkan versi pro.

Langkah 4: Tingkatkan Versi Pro untuk Tema & Lainnya

Jika kalian ingin mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini, tingkatkan ke versi pro sebesar $ 1,99.

Dengan versi pro, hal pertama yang ingin kalian coba lakukan adalah mengaktifkan “bilah status khusus” di bawah tab Custom.

Dari sana, “Style” mengubah tampilan ikon bilah status – itu seperti tema. Saat ini, dapat meniru Android 9/10, iOS, dan MIUI, tetapi lebih banyak tema yang sedang berjalan.

TERKAIT:
Pengguna Android Bisa Nikmati Dark Mode Twitter seperti di iOS

Dengan “Color,” kalian dapat membuat pencocokan warna aplikasi saat ini dengan memilih warna yang lebih cerah atau menggunakan pengaturan khusus.

Item order” memungkinkan untuk mengatur ulang ikon, memindahkan jam ke kanan atau ke tengah. Jika kalian memindahkan waktu ke sisi kanan, kalian dapat menempatkannya di kiri atau kanan ikon sistem.

Terakhir, kalian dapat memaksa bilah status khusus untuk selalu muncul, karena Android akan kembali ke status asli dalam beberapa kasus. Ini akan mengakibatkan beberapa aplikasi kehilangan mode layar penuh.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bilah status khusus saat ini tidak menampilkan 5G, sebagai gantinya memilih untuk LTE.

Untuk sebagian besar ponsel, ini tidak akan menjadi masalah, tetapi bagi pengguna yang melakukan upgrade atau berencana untuk memperbarui ke ponsel terbaru, kurangnya indikator dapat mengganggu.

guest
0 Komentar
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar