Cara Menghapus Data Google Secara Otomatis, dan Mengapa Harus Melakukannya

Google mengumpulkan banyak data, yang digunakan untuk membuat rekomendasi konten pada layanan seperti Google Play dan YouTube, serta memasarkan iklan untuk penggunanya berdasarkan aktivitas.

Namun, Google telah memberikan pengguna kontrol penuh dari data yang dikumpulkannya. Ini termasuk kemampuan untuk secara otomatis menghapus data pada interval yang teratur dan berulang. 

Apa saja data aktivitas Google yang dapat dihapus secara otomatis? Google membaginya ke dalam tiga kategori yang berbeda:

  • Web dan riwayat aplikasi. Ini termasuk data suara dan audio dari asisten Google dan aplikasi lain; data yang dikumpulkan dari aplikasi yang disinkronkan ke akun Google pengguna; semua riwayat penelusuran Chrome.
  • Pencarian YouTube dan riwayat menonton.
  • Google Maps history dan data lokasi GPS.
TERKAIT:
Google Play Points, Program Penghargaan Untuk Pengguna Play Store

Semua data ini dapat diakses dari dasbor aktivitas Akun Google, tetapi sebelumnya, kenapa kalian harus melakukannya?

Salah satu alasannya adalah karena tingginya privasi pribadi yang diberikannya, terutama ketika menyangkut lokasi dan data peta Google. 

Oleh karena itu, riwayat YouTube sangat berbeda dari materi sensitif seperti, misalnya, nama, nomor jaminan sosial, atau info bank — semuanya ditangani secara berbeda oleh Google, dan ada alat terpisah untuk mengelola data tersebut.

Alasan yang lebih nyata adalah bahwa menghapus data aktivitas Google bermanfaat untuk kurasi konten (dan iklan) terbaru. 

TERKAIT:
Mode Ultra Low Power Menjadi Solusi Penghemat Baterai Google Pixel

Selera orang sering berubah-ubah, dengan secara berkala menghapus riwayat konten, kalian bisa memberi YouTube, Google Play, atau bahkan rekomendasi Google Podcast untuk menyegarkan berdasarkan minat kalian saat ini.

Cara menghapus data aktivitas Google secara otomatis

Proses ini hampir identik di ponsel dan web:

  1. Masuk ke dasbor aktivitas Google kalian.
  2. Klik “Kontrol aktivitas” dari bilah sisi kiri.
  3. Gulir ke bawah ke tipe data yang ingin kalian kelola, lalu pilih “Kelola Aktivitas”.
  4. Pada halaman berikutnya, klik “Pilih untuk menghapus secara otomatis” di bawah ikon kalender.
  5. Pilih waktu penghapusan otomatis yang kalian inginkan (tiga atau 18 bulan), atau kalian bisa memilih untuk menghapus data secara manual.
  6. Klik “Berikutnya” untuk menyimpan perubahan.
  7. Ulangi langkah ini untuk setiap jenis data yang ingin kalian hapus secara otomatis. Khususnya untuk Riwayat Lokasi, kalian harus mengklik “Hari ini” di sudut kiri atas terlebih dahulu, lalu klik ikon roda gigi di sudut kanan bawah layar. Kemudian, pilih “Secara otomatis menghapus Riwayat Lokasi“, dan pilih waktu.
guest
0 Komentar
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar