Cara Menggunakan Byte, Aplikasi Berbagi Video 6 Detik Pesaing Tiktok

Byte Creativity First

Byte adalah aplikasi yang baru dirilis untuk menonton, membuat, dan berbagi video enam detik. Aplikasi ini disebut-sebut sebagai penerus aplikasi populer Vine, yang ditutup pada awal 2017 oleh Twitter.

Byte dianggap sebagai pesaing yang layak untuk TikTok, aplikasi yang dipuja oleh Generasi Z dan di belakang beberapa meme yang paling viral di internet.

Berikut cara menggunakan aplikasi Byte, untuk menonton, berbagi, dan membuat video enam detik:


Halaman Beranda

Halaman beranda aplikasi Byte adalah umpan untuk menemukan konten dari berbagai pengguna di seluruh platform. Jika kalian pernah menggunakan TikTok, halaman ini akan terlihat familier.

Untuk menemukan lebih banyak konten, gulirkan secara vertikal dan video berikutnya secara otomatis akan mulai diputar. 

Selain berkomentar dan menyukai foto, pengguna juga dapat me-reblog video. Kalian dapat melihat apakah video pada umpan kalian diposkan ulang jika ada catatan di atas keterangan.


Bagikan Video, Poskan Ulang dan Laporkan

Di sebelah ikon komentar dan hati, setiap video memiliki panah dengan tindakan tambahan untuk membagikan video, poskan ulang video ke umpan Byte kalian sebagai “rebyte,” dan laporkan video tersebut karena tidak pantas atau melanggar pedoman komunitas Byte.

Kalian dapat melihat pedoman untuk konten yang diizinkan pada Byte di sini.

TERKAIT:
Pernah Memblokir, Kini Kemenkominfo Punya Akun TikTok

Bagikan Video

Pada tombol berbagi, pengguna Byte diberikan opsi untuk mendistribusikan video melalui pesan teks, email, dan berbagai platform sosial. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa video Byte tidak memiliki tautan. Itu berarti bahwa satu-satunya cara untuk berbagi video adalah langsung dari aplikasi Byte.

Kalian tidak dapat menyalin dan menempelkan link ke teman kalian. Video masih menampilkan tag yang mengatakan Byte dalam versi beta.

Seorang juru bicara Byte mengatakan kepada Insider bahwa tim “berencana” menerapkan tautan ke Byte untuk video dan profil pengguna.


Pencarian

Tab kedua pada Byte adalah tempat pengguna dapat menemukan video yang dikelompokkan berdasarkan kategori dan saluran. 

Tab ini juga memiliki bilah pencarian, namun, itu hanya dapat digunakan untuk mencari berdasarkan nama pengguna, dan tidak ada opsi untuk mencari berdasarkan teks atau konten video (seperti pada TikTok).


Mengikuti Pengguna Byte Lain

Ketika kalian mengklik atau menemukan pengguna Byte, aplikasi akan menampilkan profil mereka (di sebelah kiri). 

Di sinilah kalian dapat melihat semua video dari pengguna tertentu, dan memilih untuk mengikutinya sehingga mereka dapat muncul utama di home feed

Pada setiap profil, kalian juga dapat memblokir atau melaporkan pengguna, atau memilih untuk melihat “rebytes” pengguna untuk melihat jenis konten yang mereka sukai dari orang lain.

TERKAIT:
TikTok Luncurkan Fitur Kontrol Orangtua Baru, Family Safety Mode dan Screen Time Management in Feed

Aktivitas Pribadi

Ikon petir di bilah menu horizontal Byte adalah untuk aktivitas kalian, seperti pengikut baru, suka, komentar, dan reblog video kalian.


Profil Byte

Ikon paling kanan adalah tempat kalian dapat menemukan profil Byte. Profil pengguna bisa sangat dipersonalisasi.

Selain menambahkan foto profil, nama tampilan, dan bio pendek, pengguna dapat memilih dari berbagai skema warna untuk diterapkan ke profil mereka.


Edit Profil Byte

Juga di tab profil adalah menu pengaturan, di mana pengguna dapat memilah dan mendapatkan rincian lebih lanjut tentang bagaimana mereka berinteraksi dan menggunakan aplikasi. 

Pengaturan paling penting mungkin berbeda tergantung pada bagaimana pengguna menggunakan aplikasi. 

Jika kalian terutama peramban dan penampil video, dapat melihat video yang kalian sukai dan me-reblog. Jika kalian seorang creator, mungkin lebih tertarik pada statistik yang melacak jumlah pengikut dan penayangan video kalian (disebut “loop”).


Buat Konten Video

Bagian aplikasi untuk pembuatan konten dapat ditemukan di bawah tombol lingkaran tengah. Byte akan memunculkan studio konten sederhana, dengan tombol untuk merekam dan beralih antara kamera depan dan belakang. 

TERKAIT:
Google Hadirkan Aplikasi Video Pendek Bernama Tangi

Bilah progres di bagian atas melacak berapa banyak waktu yang kalian miliki dalam jangka waktu enam detik untuk menambahkan klip tambahan.


Potong, Edit dan Unggah Video

Di bawah dua tombol, Byte memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dari telepon mereka dan mengintegrasikannya ke dalam video Byte mereka. 

Pengguna dapat memotong dan mengedit segmen video yang ingin digunakan untuk video di aplikasi Byte.

Pesaing utama Byte, TikTok, memiliki beragam efek populer dan teknologi tinggi yang tersedia bagi pengguna untuk kreasi video mereka. 

Sementara itu, tampaknya Byte hanya memiliki satu filter “mode hantu,” di mana overlay gambar ke video yang direkam.

Setelah beberapa detik video Byte kalian direkam, panah putih di sudut kiri atas layar akan muncul, memungkinkan untuk mempublikasikan video kalian. 

Sebelum menerbitkan, kalian dapat memberi judul video dan menambahkannya ke saluran, yang dapat diklik pengguna di tab jelajahi.


Byte masih dalam tahap awal, dan kemungkinan aplikasi akan berubah dan mengatasi masalah karena semakin banyak pengguna yang mengunduh aplikasi. 

Pada akhir pekan pertama setelah dirilis Jumat (23/01/2020), Byte menarik 780.000 unduhan di perangkat iOS dan Android, menurut data dari firma analisis aplikasi Sensor Tower.

Kendati meluncur global, sepertinya aplikasi ini tidak tersedia di setiap wilayah, misalnya di Indonesia. Untuk menginstal apikasi Byte, bisa baca di sini.

guest
0 Komentar
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar