Cara Mendaftar Google News Yang Baik dan Benar Agar Mudah Diterima

Cara Mendaftar Google News Yang Baik Dan Benar Agar Mudah Diterima

Terakhir diperbarui 23 Maret, 2020, 07:39 pm

Kalian bisa mendapatkan ribuan klik ke situs dari Google News. Dan, kalian bahkan tidak perlu menjadi jurnalis.

Blogger cerdas, penerbit berita, dan pemasar konten digital sudah memanfaatkan sumber daya yang besar ini untuk lalu lintas bertarget dan visibilitas mesin pencari yang lebih baik.

Google News dicadangkan untuk situs dan blog yang menerbitkan artikel topikal yang tepat waktu.

Kalian tidak perlu menjadi situs berita, tetapi jika kalian secara konsisten memposting konten yang layak diberitakan, itu bisa diterima.

Danny Sullivan pernah berkata: Jika Anda bukan situs berita, Google News dan perayap webnya kemungkinan tidak akan menunjukkan cinta kepada Anda.

Tapi itu bukan jaminan.

Apa itu Berita?

Mesin pencari utama seperti Google mendefinisikan berita sebagai “informasi yang baru diterima atau penting, terutama tentang peristiwa terkini atau penting.

Jika kalian berada di garis depan industri dan melaporkan informasi yang menarik bagi audiens tepat waktu, maka kalian adalah penerbit berita.

Google News adalah platform sindikasi konten yang diperkenalkan Google untuk membantu mengatur berita dunia dalam banyak cara dan membuatnya lebih mudah diakses oleh penggunanya, seperti XML berita.

Google News mengirimkan 6 miliar klik per bulan ke penerbit di seluruh dunia.

Bahkan jika kalian hanya mendapatkan 0,0001% dari klik ini ke situs kalian, itu sangat besar.

Mari kita lihat beberapa praktik terbaik untuk situs kalian dapat ditambahkan ke Google News dan bagaimana kalian bisa mendapatkan lalu lintas realtime.

Patuhi Prinsip-prinsip Jurnalisme yang Baik

Saat ini sepertinya sindikasi sitemap Google News tidak lagi 100% berfokus pada “peristiwa terkini” yang terkait dengan berita. Kalian bisa tahu itu hanya dari melihat meta tag.

Namun, prinsip-prinsip jurnalisme yang baik belum dibuang oleh mesin pencari utama ini. Google masih peduli dengan gaya dan substansi artikel, terutama sebagai bagian dari XML-nya.

Jurnalisme yang baik adalah tentang jujur ​​dan seobjektif mungkin.

Menurut kalian mengapa peta situs Google XML meng-crawl, mengindeks, dan menerbitkan konten situs pihak ketiga dari CNN, BBC, Techcrunch, The Wall Street Journal, Detik, Kompas dan lainnya dalam hasil pencariannya? Salah satu alasannya adalah karena situs-situs ini adalah penerbit berita sejati dan mematuhi praktik jurnalisme standar yang ketat.

Mereka transparan dan mematuhi standar profesional yang sama. Lihat saja riwayat pencarian mereka dan kalian dapat melihat mereka menanggapi berita mereka dengan serius.

Untuk dimasukkan dalam XML berita, pelaporan harus orisinal, jujur, dan terstruktur dengan baik dengan anchor teks berkualitas, meta tag, dan suara otoritatif.

Jurnalisme standar adalah semua tentang investigasi dan bukan hanya tentang optimasi mesin pencari. Jadi, kalian harus dapat dan siap untuk menyelidiki suatu cerita dan mengautentikasi, sebelum melaporkannya.

Ini agar cerita kalian cocok dengan editor, yang pada gilirannya akan mensindikasikannya di Google News, PBS merekomendasikan agar kalian menyajikan informasi dari poin konten yang paling penting hingga yang paling tidak penting.

Ada proses aplikasi yang mapan untuk menjadikan cerita kalian ditampilkan di sitemap XML Google News. Tapi, sebelum mendaftar, ikuti panduan ini:

1. Jangan menyalin dari situs lain. Tulis artikel berita asli.

Pertama dan terpenting, kalian perlu memastikan bahwa cerita atau artikel kalian asli. Mesin pencari utama seperti Google tidak ingin mensindikasikan konten yang sama kata demi kata dan algoritme pencariannya akan menarik kalian.

Kalian harus membuat artikel cerita orisinal dengan poin data yang akurat dari sumber yang dapat dipercaya.

Di mana pun kalian mendapatkan informasi, apakah itu menelusuri riwayat pencarian, file sitemap, atau menjelajahi halaman web – pastikan sumbernya dapat dipercaya.

Lihatlah halaman beranda Google News. Semua artikel yang ditampilkan adalah konten asli dengan sumber yang kredibel. Dan, tidak ada situs yang diberi peringkat lebih dari satu kali untuk beritanya.

Google News

Google adalah perusahaan yang kredibel, mesin pencari utama yang dipercaya oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Bayangkan Google melaporkan berita yang salah, itu akan menjadi bencana mesin metasearch!

TERKAIT:
Cara Nonaktifkan Fullscreen Editor di WordPress dengan Mudah

Menurut kalian apa yang akan terjadi dengan kredibilitasnya? Dan, berbicara tentang kredibilitas, Google sama-sama peduli dengan Rank Penulis.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menjadi penulis terkemuka selain menulis untuk situs berita dan majalah lainnya.

Jika kalian belum pernah menulis untuk website berita tepercaya, seperti Detik.com, atau Kompas.com, kalian harus memulainya.

Google tahu bahwa penulis dan kolumnis ternama tidak menyalin berita dari sumber lain, itulah sebabnya mereka dimasukkan dalam sitemap XML.

Sebaliknya, mereka berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan cerita asli. Penulis terkenal yang menerbitkan cerita asli selama periode waktu tertentu diberikan penghargaan sehingga mereka dapat membangun “peringkat” dan meningkatkan reputasi mereka, tidak peduli apa publikasi online yang mereka pilih untuk ditulis.

Salah satu cara untuk menambahkan artikel kalian ke Google News dengan cepat adalah dengan menggunakan rekan penulis yang memiliki Peringkat Penulis tinggi.

Dalam pandangan Google dan ketika mencari inklusi pada file sitemap XML berita mereka, penulis tersebut membawa tingkat otoritas yang lebih tinggi ke situs kalian dan kisah yang dihasilkan lebih cenderung orisinal dan kredibel.

Untuk mulai melaporkan berita, kalian perlu cerita asli.

2. Tulis Headline dengan kata kunci kaya yang mengkomunikasikan topik cerita

Judul adalah janji kepada pembaca. Jika kalian melakukannya dengan benar, berita kalian kemungkinan akan diambil oleh Google dan jurnalis lain yang dapat memperbesar jangkauan konten.

Menurut Poynter, kalian harus “mencoba menjaga tajuk berita secara langsung dan tanpa hiasan. Gunakan kata-kata singkat dan akrab, jika mungkin.”

Kalian mungkin tergoda untuk menggunakan angka dalam berita utama kalian. Lagipula, pengguna menyukai angka. Tetapi, jika kalian akan menggunakan jenis tajuk “listicle”, itu harus memberikan wawasan khusus dan menghindari wilayah “linkbait”.

Tidak mungkin linkbait dan anchor text yang jelek akan membuat kalian ditempatkan pada file sitemap XML Google News.

Bila kalian perhatikan, bahwa situs otoritas yang melaporkan berita setiap hari jarang menggunakan format listicle atau berita utama “bernomor”. Mereka hanya menulis judul yang akurat, jelas dan menarik.

Sama seperti posting blog, judul berita menentukan apakah cerita kalian akan disindikasikan oleh Google atau tidak.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kalian menulis berita utama yang bernilai berita yang pasti akan muncul di hasil pencarian dan ingat pendekatan yang sama dapat dilakukan dengan meta tag:

i). Jangan ulangi kata-kata: Tujuan mendapatkan situs web atau cerita agar ditambahkan ke sitemap Google News XML adalah untuk mendapatkan klik dan tampilan dari basis pengguna yang besar.

Kalian tidak perlu mengulangi kata atau kata kunci dalam informasi utama, seolah-olah kalian aktif melakukan optimasi mesin pencari.

Berikut ini berita utama yang lemah: “Bagaimana investor berpengalaman dapat membimbing investor yang akan keluar” Hindari pengulangan kata-kata seperti ini.

ii). Gunakan kalimat aktif: Judul berita adalah cara cepat untuk menunjukkan apa yang ada di dalam cerita dan akan menarik perhatian mesin pencari.

Jangan membuat pengguna bosan atau membuat wartawan tidak mau memilih cerita kalian.

Hindari menggunakan kalimat pasif. Dalam kalimat pasif, subjek menerima kata kerja.

Sebagai contoh:

  • Kalimat pasif: Mary ditabrak mobil.
  • Kalimat aktif: Mobil menabrak Mary.

Kalimat aktif dimulai dengan subjek. Dengan kalimat aktif, kalian dapat mengatakan lebih banyak dengan kata-kata yang lebih sedikit sejak pertama kali.

Menggunakan kalimat aktif dalam tajuk berita juga membantu mengurangi kata-kata yang tidak perlu.

iii). Menulis dalam present tense: Ini adalah poin penting lain yang perlu diingat ketika menulis berita utama dengan harapan dapat disindikasikan pada file sitemap Google News XML.

Sekalipun cerita itu sendiri atau isinya ditulis dalam bentuk lampau, tajuk utama harus menunjukkan apa yang terjadi sekarang. Lagi pula, itu sebabnya ini disebut “berita”, dan itulah yang dicari sitemap XML.

iv). Ketahui kata-kata mana yang harus ditulis dengan huruf besar: Pernahkah kalian memperhatikan bahwa tidak semua kata dalam berita utama ditulis dengan huruf besar?

Sebagai aturan praktis, kapitalisasi kata pertama dari judul.

TERKAIT:
Plugin Bug di WordPress Dapat Membuat Peretas Menghapus Hingga 200.000 Situs

Kalian juga harus menggunakan huruf kapital yang benar. Pada beranda Google News, digunakan huruf besar judul dan huruf kapital kata benda/standar yang tepat.

Jika kalian menggunakan judul, jangan menggunakan huruf besar untuk artikel. Jadi, misalnya, “Hakim Menolak Upaya Terakhir Kesha untuk Membebaskan Dirinya dari Dr. Luke” benar, tetapi jika “untuk” dikapitalisasi juga, itu tidak benar.

3. Tulis artikel terkait berita

Dalam menambahkan website ke Google News, ingat bahwa mesin pencari utama seperti Google hanya dapat menyertakan situs web yang mengikuti Pedoman Alat Webmaster mereka.

Jika tidak ada yang tepat waktu tentang topik atau cerita kalian, itu bukan berita. Sesederhana itu.

Dalam jurnalisme, “waktu adalah segalanya.”

Agar situs kalian diterima, kalian harus menulis artikel terkait berita secara konsisten. Konten evergreen tidak akan berfungsi dengan Google News.

Selain itu, mesin pencari utama Google juga memiliki jenis konten spesifik yang mereka terima.

Dalam kata-kata Google: “Kami umumnya tidak menyertakan artikel bagaimana-cara, kolom saran, posting pekerjaan atau konten informasi yang ketat seperti ramalan cuaca dan data stok.”

Dalam dunia blogging, membuat konten yang selalu hijau adalah jaminan untuk lalu lintas organik yang berkelanjutan. Dan Google menghargai konten tersebut dalam hasil organiknya. Tapi, konten semacam itu bukan berita, jadi mesin pencari seperti Google tidak akan mensindikasikannya.

Ketika kalian melihat beranda Google News, kalian akan melihat bahwa berita-berita tersebut tepat waktu – sebagian besar karena peristiwa tersebut terjadi:

4. Tulis setidaknya 2 artikel berita setiap hari

Apakah kalian satu-satunya yang mengelola situs? Jika ingin ditambahkan ke Google News, mungkin kalian perlu melakukan perubahan.

Mayoritas situs media berita yang disindikasikan di Google News adalah multi-authored. Dengan kata lain, lebih dari satu orang menulis untuk situs tersebut.

Pikirkan tentang CNNIndonesia, BBCIndonesia, Kompas, SINDONews, dan sebagainya.

Situs-situs ini diperbarui setiap menit setiap hari, oleh produktifitas penulis yang transparan dan akurat dalam pelaporan mereka, itu sebabnya mereka sangat populer di mesin pencari.

Kalian bisa mulai dengan mempekerjakan penulis lepas, kemudian latih mereka tentang pendekatan jurnalistik yang dibutuhkan oleh Google News dan platform media lainnya serta mesin pencari untuk setiap cerita.

Jika kalian mempekerjakan penulis lepas, pastikan mereka mengikuti pedoman merek kalian, terutama jika mereka menulis untuk kalian pertama kalinya.

Idealnya, buat halaman penulis di situs kalian, tempat untuk memperkenalkan setiap penulis di tim kalian.

Google akan meminta daftar penulis yang melaporkan berita di situs kalian.

5. Tetapkan otoritas blog

Dapat dimengerti bahwa Google sangat ketat tentang konten yang dianggapnya sebagai berita. Tidak semua artikel terkait berita.

Sebagian besar waktu, ini bukan tentang cerita, tetapi konteks atau sudut di mana penulis meliputnya, inilah mengapa media lamestream bisa begitu populer. 

Karena Google sangat menyukai berita yang tepat waktu dan terbaru, kalian perlu cara untuk membuktikan kepada Google bahwa kalian telah mematuhi panduannya.

Kalian perlu membangun otoritas dengan blog kalian. Sebuah uthority, di web, bermuara pada berapa banyak situs yang ramah pengguna dan halaman web yang menghubungkan kembali ke milik kalian.

Alat webmaster dapat membantu memeriksa posisi kalian.

Katakanlah blog kalian yang berumur 3 bulan telah melaporkan berita yang tepat waktu dan terkini.

Situs lain (misalnya, Kompas) memiliki otoritas lebih dari blog kalian dan riwayat penelusuran yang ada.

Sekarang jawab pertanyaan ini:

Jika blog kalian melaporkan tren yang sama dengan Kompas, dan kedua berita tersebut mengikuti standar penulisan berita, menurut kalian, manakah dari cerita itu yang akan dirayapi Google terlebih dahulu, diindeks, dan menawarkan pagerank tinggi?

Apakah kalian menjawab Kompas? Kalian 100% benar.

Alasannya jelas: Kompas memiliki otoritas lebih di mesin pencari daripada blog kalian yang berumur 3 bulan.

Kompas menerbitkan konten yang lebih tepat waktu karena memiliki anggaran untuk jumlah penulis yang memadai. Jika kalian adalah bisnis kecil, kalian tidak bisa mengalahkannya.

Membangun otoritas dengan blog bukanlah hal yang mudah. Dan, itu pasti tidak akan terjadi dalam semalam.

TERKAIT:
Cara Menyembunyikan Halaman Login WordPress

Kalian harus keluar dari situs dan kalian harus ada di mana-mana.

Bangun peringkat penulis kalian, dengan berkontribusi ke situs-situs terpercaya lainnya, selalu referensi cerita dengan cara yang alami.

Idealnya, gunakan kata kunci atau judul berita bermerek sebagai anchor teks untuk menautkan kembali ke situs kalian.

Semakin banyak situs otoritas yang kalian kontribusikan dan dapatkan tautan, semakin banyak otoritas yang akan diperoleh blog kalian dan akan muncul semakin banyak dalam hasil pencarian dan riwayat pencarian.

Blog kalian akan membangun momentum secara bertahap. Sabar!

Media sosial sama pentingnya, jadi sebarkan cinta. Aktif di platform media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter.

Jangan mencoba menyalin atau meniru gaya penulisan penulis lain. Temukan suaramu sendiri. Konsisten. Itulah satu-satunya cara untuk menonjol dari kerumunan dan menambahkan artikel terkait berita Anda ke Google News.

Ketika konten kalian unik dan menarik, lebih banyak orang akan mengklik judul kalian, mengunjungi situs kalian dan mengambil tindakan.

Tetapi, ketika berita kalian seperti berita orang lain, kalian tidak membuat dampak. Bagi pembaca, tidak ada untungnya bagi mereka. Akibatnya, mereka akan pergi.

Cara Daftar Website ke Google News 

Setelah mengetahui apa saja yang harus kalian lakukan untuk dapat masuk ke index Google News, saatnya kalian mendaftar.

Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan masuk ke halaman ini dan login menggunakan akun Google kalian. 

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Jika sebelumnya kalian belum pernah melakukan verifikasi kepemilikan website, sebaiknya kalian verifikasi terlebih dahulu menggunakan Google Search Console.

Karena Google News memiliki mesin crawler sendiri, pastikan kalain menambahkan xml sitemap blog berita juga. Tujuannya, membuat Google News selalu update pada perubahan yang terjadi di blog kalian.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Setelah kalian masuk, kalian akan melihat tampilan seperti di bawah ini jika baru akan melakukan pendaftaran ke Google News pertama kali.

Klik Add Publication dan masukkan nama publikasi yang kalian inginkan.

Setelah menekan Save, isikan semua informasi website yang akan kalian daftarkan:

General

Basic Informaton: isikan informasi dasar tentang website kalian

  • Publication name: isi nama sumber/nama website
  • Description: isi dengan deskripsi website yang akan didaftarkan
  • Category: pilih kategori website
  • Primary Language: bahasa utama website

Website property URL: masukkan URL website yang telah diverifikasi sebelumnya

Location: untuk menambahkan lokasi, kalian harus terlebih dahulu menetapkan bahasa utama dan memverifikasi URL properti website kalian.

Contact: berikan kontak untuk publikasi kalian (misalnya: kontak@yuksay.com), ini digunakan untuk memudahkan pengguna menghubungi kalian untuk bertanya tentang masalah teknis ataupun update produk.

Distribution: pilih negara untuk distribusi publikasi Google News

Tracking: untuk memantau lalu lintas ke konten kalian di aplikasi Google News, hubungkan publikasi ke akun Google Analytics, atau tambahkan URL pelacakan.

Content

Sections: Ini akan muncul sebagai tab dalam publikasi di aplikasi Google News

Content Label: Tambahkan label ke area situs atau seluruh situs kalian untuk membantu Google mengklasifikasikan konten kalian. Label meliputi: opini, yang dibuat pengguna, sindiran, siaran pers, dan blog. Untuk mengaktifkan label konten, kalian harus terlebih dahulu memverifikasi URL dan memberikan negara publikasi pada tab General.

Image

Pada tab Image, unggah logo website kalian dalam format PNG dengan bentuk kotak dan persegi panjang.

Pastikan gambar logo yang kalian unggah sama persis seperti logo website kalian. Jika berbeda ada kemungkinan besar untuk ditolak dari Google News.

Ads

Jika kalian memiliki akun Google Adsense, pilih untuk menampilkan iklan dalam Google News.

Advance

Pada tab ini silahkan kalian lewati saja.

Review and Publish

Pada tab ini silahkan kalian review kembali informasi yang telah kalian isi sebelum mempublikasikannya.

Setelah kalian publikasikan, website kalian akan ditinjau oleh Google apakah itu memenuhi semua persyaratan untuk dimasukkan ke dalam Google News mereka.

Masa peninjauan sekitar satu minggu atau paling lama satu bulan.

Selama masa peninjauan ini sebaiknya kalian rutin update artikel berita setiap harinya.

guest
19 Komentar
terlama
terbaru voting terbanyak
Tanggapan Inline
Lihat semua komentar
Muliati

mau tanya, cara buat xml peta situs (sitemap) google news di platform blogger gmn? dan cara submit ke google console juga gimana?

Muliati

gitu ya say. Sekalian ni saya mau nanya juga. Kalau keterangan “LIVE” di akun https://publishercenter.google.com itu tandanya blogspot saya sudah diterima atau belum ya?

Muliati

makasih say ^_^ …
bgitu ya… biasanya butuh berapa hari supaya artikel saya kemarin bisa langsung tampil di google ya? Soalnya saya cek barusan belum muncul, padahal sejak kemarin sudah sy indeks melalui GSC….

Adie Terbitan

Semua pasti naik, cuma main peringkat. Sehingga tidak tampil karena dianggap kalah saing dengan media lain

ardiansyahahmad071

Punya saya sudah diterima Google news tapi gak tampil di tab Gnews ya? Padahal dah ada 30 an lebih followers

Mohon solusinya min?

ardiansyahahmad071

Di google – news gan di search engine

Adie Terbitan

Gak tampil gimana bos.. Semua yang sudah live pasti semua artikelnya ditayangkan di Gnews.. Sekalipun hasil copas.. Cuma bedanya kalah peringkat saja

Ogik Ogik

Caara mengisi tab contet yang benar gimana ya?

Ogik Ogik

There are no articles in this section.

Nusanewa.net

Bang website nusanews.net sudah diterima namum tidak tampil dipencarian google newa gimana caranya?

Ilyas

Punya saya sudah diterima Google News, dan tulisan-tulisan sudah langsung tampil. Akan tetapi, gambarnya di depan tidak ada, hanya muncul tulisan aja. Mohon penjelasan dan solusinya teman-teman

Dede nandang

Kasusnya sama kayak saya ga muncul gambar kenapa ya

inkuiri

website saya sudah diterima gnews dan sudah status live..tapi sudah seminggu belum keindek di google berita..kenapa yah?? mohon solusinya

Liburan Hemat

Thanks gan atas informasinya, tinggal nunggu approve dari google

bayu

sudah di konfrimasi di publisher center google news, namun nama website belum ada di pencarian google news. ada yang salah?