Canon EOS R5 Akan Menjadi Kamera Mirrorless Pertama Dengan Video 8K

Canon EOS R5

Canon secara resmi mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan kamera mirrorless full-size generasi berikutnya, EOS R5. Ini sebagai jawaban kritikan terhadap EOS R.

Salah satu fitur kunci EOS R5 adalah perekaman video 8K kemudian men-downsample 8K untuk membuat video 4K yang tajam, mengatasi kemampuan merekam video 4K di EOS R.

Yang jauh lebih menarik adalah bahwa EOS R5 akan menjadi kamera pertama Canon dengan mekanisme in-body stabilization (IBIS) yang bisa bekerja bersama stabilizer di lensa. 

TERKAIT:  
Verified Account, Tinder Juga Punya Tanda Centang Biru

Apakah stabilisasi gambar in-body ini berfungsi dalam video 8K dan apakah ada batasan kapan dan bagaimana bisa digunakan masih belum jelas.

Perekaman video 8K EOS R5 bisa dicapai karena Canon menggunakan sensor CMOS anyar. Sensor baru ini juga membuat EOS R5 punya burs mode mencapai 12 fps dengan shutter mekanik dan 20 fps menggunakan shutter elektroniknya.

Kamera akan memiliki slot memori ganda, dan akan dilengkapi dengan fungsi transfer gambar otomatis dari kamera ke platform cloud. Ini akan disebut “image.canon” (dijadwalkan akan dimulai pada awal April 2020), demikian dikutip dari Newsshoter, Kamis (13/02/2020).

Mengumumkan kamera berkemampuan 8K tampaknya menjadi hal yang populer akhir-akhir ini, seperti baru-baru ini Samsung mengungkap lini Galaxy S20 mereka.

Selain kamera anyar, Canon juga mengaku tengah menggarap sembilan lensa RF (mounting untuk kamera mirrorless Canon) anyar untuk dirilis pada 2020 ini, termasuk telephoto extender 1,4x dan 2x, serta lensa RF100-500 f/4,5-7,1 L IS USM.

Masih sangat sedikit yang diketahui tentang kamera EOS R5 ini. Juga tidak ada informasi tentang berapa harga kamera ini. Namun, Canon bakal mengungkap lebih banyak informasi pada ajang CP+ di Tokyo, Jepang, pada 27 Februari 2020 mendatang.

avatar